Manfaat Menulis

Manfaat Menulis

manfaat menulis

Masih banyak orang yang bertanya- tanya apa manfaat menulis Jurnal / buku harian? Apakah itu hanya digunakan bagi mereka yang depresi atau bermasalah dengan mentalnya?

Ternyata jurnal / buku harian sudah ada sejak tahun 1963 – 1703, dibuat oleh seorang administrator angkatan laut. Dan sekarang buku harian tersebut ada di Magdalene College, Cambridge.

Manfaat menulis jurnal itu banyak sekali. Aku akan berikan beberapa manfaat menulis jurnal untuk kalian. Disimak yuk!

Menulis Jurnal / Buku Harian Bisa Meningkatkan Kemampuan Menulismu.
Dengan rutin menulis, tak peduli seberapa panjang tulisanmu. Mungkin satu lembar / dua lembar. Jika kamu rutin menulis jurnal setiap hari, percayalah skill menulismu akan meningkat. Tidak percaya? Cobain deh.

Menulis Jurnal / Buku Harian Bisa Membuatmu Lebih Menghargai Waktu.
Coba deh kamu menulisnya disaat ada waktu luang. Bisa sambil meminum secangkir kopi atau minuman favoritmu lainnya. Bisa juga sambil kamu menikmati rintikan hujan yang turun. Dengan melakukannya secara rutin, percaya deh, kelak kamu akan menjadi seorang pribadi yang lebih menghargai waktu.

Menulis Jurnal / Buku Harian Bisa Membuatmu Menjadi Kreatif.
Misalnya saja, kamu menulis jurnal tentang hal apa saja yang akan kamu kerjakan dihari esok/ mungkin kamu menuliskan jadwal kegiatanmu seminggu ini. Dan saat kamu mulai membaca kembali Jurnal yang telah kamu tulis di hari- hari sebelumnya, kamu akan mulai mendapatkan ide-ide baru. Entah untuk pekerjaanmu atau bahkan kamu menemukan ide atau inspirasi baru untuk karya mu.

Menulis Jurnal / Buku Harian Bisa Membuatmu Pintar Melihat Dari Berbagai Sudut Pandang.
Karena kamu akan membaca kembali jurnal yang telah kamu tulis di hari- hari sebelumnya. Maka hal ini akan membuatmu terbiasa menganalisis dan membuat daya perspektifmu meningkat loh!

Menulis Jurnal / Buku Harian Bisa Membuatmu Menambah Wawasan.
Yah, kamu dapat belajar melalui hidup mu dengan jurnal ini. Kamu bisa menganalisis kembali kejadian sebelumnya. Dan menjadikan pengalaman hidupmu itu bahan pembelajaran. Kelak kamu akan menjadi lebih bijaksana dalam hidup.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat menulis jurnal/ buku harian. Pada bidang kesehatan, menulis jurnal/ buku harian akan membantu psikologis anda menjadi lebih baik. Kamu bisa menuliskan semua luapan perasaanmu dalam jurnal. Karena menulis merupakan salah satu media curhat dan bersifat pribadi.

Jurnal / Buku harian bukan hanya diperuntukan bagi mereka yang mengalami gejala depresi/ memiliki masalah dengan kesehatan mentalnya loh. Tapi siapapun bisa menulis jurnal. Bahkan dianjurkan untuk menulis jurnal.

Karena pada zaman dulu belum ada teknologi canggih dan internet, semua manusia menuliskan jurnalnya dengan media tulis/ kertas.

Tapi kini, media yang bisa kamu gunakan sudah semakin banyak.

Jika kamu lebih suka menulis dengan pena, kamu tentu bisa memiliki jurnal atau buku harian yang berbentuk buku yang cukup tebal. Jika kamu lebih menyukai mengetik di komputer / laptop, tentu kamu bisa membuat jurnal / buku harianmu di dalam notepad/ google docs/ perangkat lainnya. Tapi di zamannya sekarang, fakta nya hampir semua orang tidak bisa lepas dari gadget atau smartphone. Tentu kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat jurnal / buku harian. Kamu bisa dengan mudah curhat disini. Atau kalian klik saja live chat yang berada di bawah ini.

Aku suka menulis, tapi bukan menulis buku harian. Apakah ada solusi dan tipsnya? Eitttts ada dong.. Untuk kamu yang suka menulis baca deh tips menulis ala Raditya Dika. Klik disini

Jika kamu sedang dalam masa- masa sulit dan atau kamu sedang membutuhkan tempat untuk berbagi cerita yang aman dan nyaman serta mampu membantu mencari solusi bagi kamu.. Tepat sekali. disini, kamu bisa menuliskan semua cerita atau curhatan-mu disini.. Kamu bisa segera daftar menjadi Free Member

mulaiceritayuk – timhore

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: